Sunday, August 13, 2017

MANCING DI WADUK CEKLIK | spot mancing soloraya | pancing 31

Assalamualikum wr,wb

Ayo kita mancing di waduk cengklik
“ Waduk Cengklik Obyek wisata ini terletak di Desa Ngargorejo dan Sobokerto, Kecamatan Ngemplak ± 20 km, ke arah timur laut Kota Boyolali, Bila dari Bandara Adi Sumarmo ± 1,5 KM (di sebelah barat bandara tepatnya). waduk dengan luas genangan 300 ha,Waduk ini dibangun tujuannya untuk mengairi lahan sawah seluas 1.578 ha, bisa untuk latihan sky air. Letaknya sangat strategis, berdekatan dengan Bandara Adi Sumarmo.Waduk ini diberi nama Waduk Cengklik karena
terletak didukuh Cengklik Desa Sobokerto dibangun pada jaman penjajahan Belanda kira kira tahun 1926-1928 kata bapak saya (Alm)Iman Maksum.Tengahnya ada dusun Turibang itu kampung halamanku (Suwahyono). (www.id.wikipedia.com)  “ pelosokindonesia.blogspot.co.id

Saya asli solo tapi kerja luar kota , jadi tidak bisa terusterusan eksplor spot mancing di soloraya , kalo ada kesempatan pulang baru saya bisa mbanyu “istilah mancing” salah satunya ke waduk cengklik karena jarak yang tidak terlalu jauh dari rumah , pemancing di soloraya pasty menjadikan alternative pilihan mancingnya disini , di waduk cengklik ikan nila menjadi target yang paling banyak di cari , dengan joran tegek dan umpan lumut yang jadi andalan disini dan teknik nyobok menjadi khas di sini , setiap hari pasty bisa kita jumpai pemancing dengan teknik nyobok ( mancing dengan merendamkan badan  , biasa sampai batas dada pemancing )

Saat itu saya punya jatah cuti dan langsung meluncur dengan bus ke solo , tentu sudah mempersiapkan alat pancing yang akan saya gunakan , berangkat siang dari kota saya kerja dan pagi hari sekitar pukul 06,00 saya sampai di kota solo , mandi sarapan dll dan saatnya kita mancing , berangkat dengan sepeda motor 20 – 30 menit sampailah di waduk cengklik , dengan Rp 5000 saya beli lumut untuk umpan mancing ,

Karena kurang info tentang spot yang bagus di cengklik waktu itu , saya putuskan mancing di spot ringinan , di obyek wisatanya waduk cengklik , karena pertimbangan dekat dengan jalan kalo mau pulang nantinya , sampai di spot  ternyata juga sudah berderet pemancing di sana , persiapan sudah selesai waktunya lemparkan umpan ,

Menunggu dan tanda tanda ikan mau makan sudah terlihat di pelampung , tak berselang lama strike pertama nila saya dapat , walaupun sizenya hanya 2 / 3 jari saja , kembali memancing dan lagi  lagi size nila segitu yang saya dapat , potensi strike semakin sore semakin seru , tapi karena sudah sore dan sayapun cape baru saja perjalan jauh , ( kata ibu saya pulang langsung mancing yang di duluin bukan istirahat ma kluarga , hehehe ) saya akhiri mancing hari itu dengan ikan nila dengan size kecil kecil tanpa babon / monster nila yang saya dapat , tapi tetap alhamdulilah karena sensasi strike nya yang mahal dan susah di cari ,

Jaga selalu alam Indonesia dengan segala potensinya , tangkap ikan dengan cara baik dan benar , nanti kita lanjut lagi mbanyu bareng jika ada teman teman yang mau, salam satu hobi , tanpa pandang status social , suku , ras , agama dll