Sunday, August 13, 2017

MANCING DI SITU SUKARAME / PARAKANSALAK | spot mancinng sukabumi | pancing 31

Asalamualiakum wr , wb
Kali ini saya share pengalaman mancing di situ sukarame / situ parakansalak ,
Situ sukarame adalah sebuah situ yang terletak di sebelah selatan kaki gunung Salak, tepatnya di kecamatan Parakansalakkabupaten SukabumiAir di situ tersebut jernih, dan dikelilingi hutan damar, hutan pinusdankebun teh.

Sukarame adalah tempat bertemunya 7 sungai, yakni sungai Cikahuripan, sungai Cisalada, sungai Citaman, sungai Cisarandi, sungai Cimaci, sungai Cipangelah, dan sungai Cisela. Tuan Hola, yaitu bangsa Belanda yang saat itu mempunyai ambisi untuk membendung sungai-sungai tersebut dimaksud dijadikan telaga untuk berlayar
Situ Sukarame merupakan situ buatan yang mulai dibangun pada masa Hindia Belanda. Sukarame juga merupakan nama sebuah kampung yang ada di dekat situ Sukarame tersebut. Pada awalnya wilayah tersebut hanya berupa hutan rimba tanpa penduduk. Pertama kali menempati daerah tersebut yaitu Ama Sadarina, seorang pimpinan tentara Kerajaan Mataram yang bersembunyi karena diburu oleh kolonial Belanda. Sejak kedatangan Amma Sadarina tersebut, maka tempat tersebut menjadi ramai, karena Ama Sadarina membuka perguruan ilmu Kadigjayaan, hingga pada akhirnya tempat tersebut dikenal dengan sebutan kampung Sukarame. Sumber ( Wikipedia )

Pagi itu saya berada di rumah teman saya di kampung parigi , desa palasarihilir , kab sukabumi  karena ada keperluan kerja , saat kita mulai bicara santai datang sodarannya yang bernama onong yang juga hobi mincing , karena saya baru di daerah sukabumi saya banyak bertanya tentang spot mancing di sukabumi , berceritalah onong tentang situ sukarame / situ parakan salak , bercerita tentang ikan target yang bisa di dapat disana dari nila , nilem , gabus , reddevile dll
Setelah saya Tanya jarak dari sini (rumah teman) kira kira hanya 30menit perjalanan dengan motor dan jam masih menunjukkan pukul 13.00 saya memutuskan untuk mengajak onong berangkat memancing ke situ sukarame , karena tanpa persiapan , onong hanya mengambil lumut sawah yang ada di dekat rumah untuk umpan kita mancinng dengan harapan ikan nila masih bisa kita dapat walaupun tanpa persiapan,
Setibanya di situ sukarame langsung saya pasang pancing dan segera memancing , pertama saya pilih spot di dekat hutan pinus yang masih asri , tapi tanpa ada tanda tanda ikan mau makan , melihat para pemancing yang berada di spot sebrang yang sesekali bisa merasakan strike maka saya pindah spot , dengan harapan bisa bertanya dan mendapat cara yang tepat memancing di situ sukarame,
Setelah lama menunggu dan jam sudah menunjukkan pukkul 16.20 rasa frustasi dan pulang tanpa merasakan strike mulai membayangi , tapi pelampung di pancing saya mulai ada tanda tanda di makan ikan , benar saja , dengan sedikit hentakan , ikan benar menyangkut di kail dan ikan melawan dengan tarikannya yang lumayan membuat hati senang , setelah berhasil saya naikkan ternyata ikan nilem dngan size yang lumayan yang menyangkut di pancing saya ,
Cukup senang untuk ukuran trip mincing tanpa persiapan dan wkatu yang sedikit , waktu semakin sore dan saya memutuskan untuk pulang karena tidak ingin pulang terlalu gelap , dengan pengalaman ini dan melihat pemancing lain mungkin saya akan kembali lagi memancing di situ sukarame ini dengan lebih mempersiapkan dari uman hingga alat pancing yang cocok , dan dengan hasil yang lebih menyenangkan ,
Mungkin nanti bisa saya share lagi pengalaman mancing yang lain , slalu jaga alam Indonesia , tangkap ikan dengan cara yang baik dan benar , tanpa obat , tanpa strum ikan ,  salam satu hobi ,